Diet Paleo Sebenarnya Aman dan Baik Untuk Kesehatan Atau Tidak?



Diet Paleo Sebenarnya Aman dan Baik Untuk Kesehatan Atau Tidak?















Diet Paleolitik, pun dikenal sebagai diet paleo, memanfaatkan usulan bahwa pola santap seperti nenek moyang insan di zaman prasejarah merupakan teknik yang efektif dan baik guna kesehatan tubuh. Pilihan makanan pada diet menarik ini terbatas pada apa saja yang bisa diburu, dipancing, atau dikoleksi pada zaman prasejarah. Misalnya laksana daging, ikan, dan sayuran.










Teori dasar dari Paleo diet yakni bahwa penambahan angka kejadian penyakit pada masyarakat sekarang diakibatkan oleh revolusi pertanian, yang menambahkan produk-produk olahan laksana mentega dan susu serta bahan-bahan kimia laksana pengawet dan pemanis produksi ke dalam pola santap sehingga mengakibatkan sejumlah penyakit dan situasi kronis, mulai dari obesitas sampai alergi. Namun, apakah diet paleo aman guna kesehatan insan modern?




Yang boleh dan jangan dimakan




Diet ini menyarankan supaya kita pulang ke makanan dari daging dan sayuran laksana masa lalu. Secara spesifik, diet mendorong Anda guna mendasarkan pola santap kita pada opsi makanan laksana di bawah ini.




Daging

Ikan atau makanan laut lainnya

Produk hewani (telur dan madu)

Sayuran dan buah-buahan

Kacang-kacangan

Sumber lemak ekstra (minyak zaitun, minyak kelapa, dan alpukat)

Lalu, diet ini menganjurkan Anda guna menghindari makanan berkarbohidrat tinggi laksana sereal, gandum, nasi, kentang, makanan olahan, serta produk susu, garam, dan minyak olahan.




Bolehkah meminimalisir konsumsi karbohidrat, biji-bijian dan susu?




Seluruh biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran adalah bahan bakar urgen untuk kegiatan otak dan otot. kita memang butuh untuk meminimalisir konsumsi karbohidrat olahan karena dapat terdapat ekstra bahan yang tidak sehat dan kalori yang lebih tinggi. Namun, jenis karbohidrat perumahan tetap baik untuk tubuh Anda.




Konsumsi susu sangat urgen untuk tubuh sebab adalah sumber kalsium dan vitamin D yang diperlukan untuk tulang. Diet paleo sering menuliskan bahwa susu dapat mengakibatkan peradangan, tapi sejumlah penelitian mengindikasikan sebaliknya. Minum susu malah dapat meminimalisir tanda-tanda peradangan.




Sedangkan guna biji-bijian laksana gandum dan beras, Paleo diet menuliskan bahwa biji-bijian pun dapat mengakibatkan peradangan dan masalah kesehatan. Hal ini memang barangkali terjadi pada orang dengan penyakit Celiac dan sensitivitas terhadap gluten.




Namun, mayoritas penelitian mengindikasikan bahwa mengonsumsi biji-bijian sebetulnya dapat menambah kesehatan kita. Intinya, menghilangkan biji-bijian dari pola diet merupakan gagasan yang buruk.




Jadi, apakah diet Paleo tersebut aman dan sehat?




Beralih dari makanan dan karbohidrat olahan menjadi lebih tidak sedikit buah dan sayuran memiliki akibat yang baik untuk tubuh dan dapat menolong mencapai penurunan berat badan. Namun, berat badan tidak bakal otomatis turun dengan mengekor diet ini.




Peneliti di Universitas Melbourne cemas tentang bahaya diet Paleo, terutama untuk mereka yang sudah keunggulan berat badan dan memiliki fenomena pradiabetes ataupun diabetes.




Mereka mengerjakan percobaan pada tikus dengan mencocokkan dua kelompok, yakni satu kelompok diserahkan diet dengan komposisi tinggi lemak rendah karbohidrat (serupa laksana aturan diet Paleo) dan satu lagi dengan komposisi normal.




Penelitian tersebut mengaku bahwa kumpulan tikus dengan komposisi makanan tinggi lemak rendah karbohidrat, merasakan peningkatan berat badan, kadar insulin, dan intoleransi glukosa sesudah delapan minggu. Peningkatan berat badan yang terjadi sebesar 15 persen dan massa lemak meningkat sejumlah dua kali lipat. Hal itu dapat menambah risiko hipertensi (tekanan darah tinggi), nyeri sendi, diabetes, kecemasan, dan depresi.




Paleo diet barangkali punya potensi baik bikin tubuh, namun ada risiko kelemahan kalsium dan vitamin D. Keduanya urgen untuk merawat kesehatan tulang. Paleo diet pun menyebabkan asupan lemak bosan jauh di atas tingkat yang dianjurkan sehingga dapat menambah risiko penyakit ginjal dan penyakit jantung.




Apa yang usahakan dilaksanakan kalau inginkan turun berat badan dengan aman?




Daripada mengekor sebuah pola diet yang kaku, lebih baik kita memikirkan evolusi kecil apa yang dapat dilaksanakan pada ketika ini yang dominan baik untuk kesehatan. Meminjam konsep simpel dari diet Paleo, kita dapat mengerjakan hal- urusan di bawah ini.




Mengonsumsi lebih tidak sedikit makanan segar, laksana buah-buahan dan sayuran.

Mengurangi asupan makanan olahan.

Lebih tidak sedikit berolahraga.

Tidur dan tidur yang cukup.

Hal-hal kecil tersebut bilamana dilakukan secara terus-menerus akan dominan baik untuk kesehatan kita di masa depan.

Masukan Emailmu Untuk Menjadi Visitor Premium Abida Massi

0 Response to "Diet Paleo Sebenarnya Aman dan Baik Untuk Kesehatan Atau Tidak?"

Posting Komentar